Mengenal Dopamin, Zat Penghantar Pesan dari Otak ke Seluruh Tubuh

dokterdigital — Dopamin adalah suatu zat kimia yang berperan sebagai neurotransmitter di dalam sistem saraf manusia dan hewan. Sebagai neurotransmitter, dopamin membantu mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf di otak. Ia terlibat dalam berbagai fungsi kognitif dan regulasi perilaku, termasuk pergerakan, motivasi, emosi, penghargaan, belajar, serta pengaturan fungsi hormonal.

Dopamin diproduksi oleh neuron-neuron tertentu di otak yang terletak dalam area-areanya yang disebut sebagai sistem dopaminergik. Terdapat beberapa jalur utama dalam sistem dopaminergik, termasuk sistem mesolimbik dan sistem nigrostriatal.

Dalam sistem mesolimbik, dopamin terlibat dalam mengatur penghargaan, motivasi, serta emosi. Jalur ini menghubungkan area ventral tegmental (VTA) di otak tengah dengan area hipotalamus, amigdala, dan korteks prefrontal yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Sementara itu, dalam sistem nigrostriatal, dopamin berperan dalam mengatur pergerakan dan koordinasi motorik. Jalur ini menghubungkan area substantia nigra di otak tengah dengan striatum, yang merupakan bagian dari basal ganglia.

Gangguan dalam sistem dopaminergik dapat berkontribusi pada berbagai gangguan neurologis dan psikiatris, termasuk penyakit Parkinson, skizofrenia, gangguan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD), serta gangguan penggunaan zat. Beberapa obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan kondisi-kondisi tersebut, seperti antipsikotik dan obat Parkinson, bekerja dengan mempengaruhi aktivitas dopamin di otak.

Meskipun dopamin memiliki peran penting dalam berbagai aspek fungsi otak, namun ini hanya gambaran umum tentang dopamin dan bahwa fungsi otak sangat kompleks. Penelitian terus dilakukan untuk memahami peran dopamin secara lebih rinci dan bagaimana ia terkait dengan kesehatan dan penyakit manusia.***

Baca Juga:

Komentar:

Posting Komentar