Mengenal Apa itu Diare dan Pengobatannya

dokterdigital — Diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar dengan tinja yang encer, cair, dan sering. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan yang mengakibatkan penyerapan air yang tidak efektif oleh tubuh. Diare biasanya terjadi ketika terlalu banyak air terbuang melalui usus atau ketika makanan dan cairan bergerak terlalu cepat melalui sistem pencernaan.

Diare bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus, bakteri, atau parasit yang terjadi karena makan atau minum yang terkontaminasi. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu, stres, atau intoleransi makanan, seperti intoleransi laktosa.

Gejala diare meliputi tinja encer, sering buang air besar, kram perut, mual, dan kadang-kadang demam. Diare biasanya berlangsung dalam waktu beberapa hari, tetapi bisa juga berlangsung lebih lama tergantung pada penyebabnya.

Pengobatan diare tergantung pada penyebabnya. Jika diare disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Namun, jika diare disebabkan oleh infeksi virus, antibiotik tidak akan efektif dan perlu diobati dengan istirahat yang cukup, menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum banyak air, dan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti nasi, roti panggang, atau pisang.

Untuk mencegah diare, biasakan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Hindari makan atau minum yang terkontaminasi, seperti makanan jalanan yang tidak higienis. Juga, pastikan untuk mematuhi prinsip-prinsip kebersihan yang baik dalam persiapan makanan.

Jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari, disertai dengan gejala yang parah seperti dehidrasi, darah dalam tinja, atau demam tinggi, segera hubungi profesional medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.***

Komentar:

Posting Komentar