Kelainan Mata, Macam dan Pengertiannya

Mata adalah jendela kehidupan. Dengan mata, kita bisa melihat keindahan alam dan segala sesuatu di sekeliling kita yang patut kita syukuri. Namun sebagian orang di luar sana, tidak seberuntung kita yang memiliki mata normal. Ada banyak orang yang mengalami berbagai kelainan mata yang mempengaruhi penglihatan seseorang. Berikut macam-macam kelainan mata yang mimin rangkum untuk Anda.

Macam-macam Kelainan Mata

Miopi

Juga dikenal sebagai rabun jauh, kelainan ini membuat objek yang jauh terlihat kabur, sedangkan objek yang dekat masih terlihat dengan jelas.

Hipermetropi

Juga dikenal sebagai rabun dekat, kelainan ini membuat objek yang dekat terlihat kabur, sedangkan objek yang jauh masih terlihat dengan jelas.

Astigmatisme

Ini adalah kelainan yang menyebabkan ketidakmampuan untuk fokus dengan jelas pada objek baik yang jauh maupun dekat. Biasanya terjadi karena kelainan bentuk kornea.

Presbiopia

Juga dikenal sebagai rabun usia, ini adalah kelainan mata yang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia. Ini menyebabkan kesulitan dalam melihat objek yang dekat.

Strabismus

Juga dikenal sebagai mata juling, kondisi ini terjadi ketika mata tidak dapat sejajar secara normal, dan mata tampak mengarah ke arah yang berbeda.

Ambliopia

Juga dikenal sebagai mata malas, ini terjadi ketika penglihatan pada satu mata tidak berkembang secara normal, biasanya karena kurangnya penggunaan mata tersebut selama masa perkembangan.

Katarak

Ini adalah kelainan yang melibatkan keruhnya lensa mata, yang mengakibatkan penglihatan kabur atau buram.

Glaukoma

Ini adalah kelainan mata yang merusak saraf optik dan dapat menyebabkan hilangnya penglihatan perifer secara bertahap.

Retinopati diabetik

Kondisi ini merupakan komplikasi diabetes yang dapat merusak pembuluh darah di retina, menyebabkan hilangnya penglihatan.

Degenerasi makula terkait usia (DMTU)

Ini adalah kelainan mata yang terjadi pada lansia dan mempengaruhi pusat penglihatan. Penglihatan pusat menjadi kabur atau hilang, sedangkan penglihatan tepi tetap baik.

Jika Anda memiliki gejala atau kekhawatiran mengenai kesehatan mata Anda, disarankan untuk menghubungi profesional medis atau dokter mata untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Komentar:

Posting Komentar