Apa itu Skizofrenia dan Bagaimana Gejalanya

dokterdigital — Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang mempengaruhi persepsi, pikiran, emosi, dan perilaku seseorang. Penderita skizofrenia sering mengalami gejala yang melibatkan gangguan pada pemikiran, persepsi sensorik, emosi, dan hubungan sosial. Gejala-gejala tersebut dapat mengganggu kemampuan individu untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Gejala utama skizofrenia meliputi:

1. Delusi

Keyakinan yang tidak benar atau tak wajar yang tidak dapat diubah oleh argumen logis. Misalnya, keyakinan bahwa seseorang sedang dikendalikan oleh kekuatan eksternal atau memiliki kekuatan khusus.

2. Halusinasi

Pengalaman sensorik yang tidak nyata, seperti mendengar suara-suara yang tidak ada atau melihat hal-hal yang tidak ada.

3. Gangguan pemikiran

Pemikiran yang tidak terorganisir, terputus-putus, atau terpecah-pecah, sulit berkonsentrasi, dan kesulitan dalam mempertahankan alur pikiran yang kohesif.

4. Gangguan emosi

Perubahan dalam ekspresi emosi yang dapat mengakibatkan perasaan kehilangan minat, apati, atau ekspresi emosi yang tidak tepat.

5. Gangguan perilaku

Perubahan perilaku yang tidak wajar, seperti penarikan diri sosial, perilaku kacau, atau kurangnya perawatan diri.

Skizofrenia merupakan penyakit yang kompleks dan dapat bervariasi dalam gejala dan tingkat keparahan antara individu. Penyebab pasti skizofrenia belum sepenuhnya dipahami, tetapi diduga merupakan hasil dari kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan ketidakseimbangan zat kimia di otak.

Perawatan skizofrenia biasanya melibatkan terapi obat dengan antipsikotik, yang membantu mengurangi gejala-gejala psikotik. Terapi psikososial, seperti terapi individu, terapi kelompok, dan dukungan sosial, juga dapat membantu individu dengan skizofrenia dalam membangun keterampilan sosial dan mengelola gejala mereka.

Komentar:

Posting Komentar