Apa itu Pneumonia

dokterdigital — Pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia sering kali menyebabkan inflamasi pada jaringan paru-paru, yang mengakibatkan gejala seperti batuk, demam, sesak napas, dan nyeri dada.

Infeksi pneumonia dapat menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan pneumonia meliputi sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada orang tua, anak-anak kecil, atau individu dengan kondisi kesehatan yang mempengaruhi daya tahan tubuh. Selain itu, perokok, penderita penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan mereka yang tinggal atau bekerja di lingkungan yang terpapar polusi atau zat iritan juga berisiko lebih tinggi terkena pneumonia.

Diagnosis pneumonia melibatkan pemeriksaan fisik, anamnesis, dan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen dada atau tes darah. Pengobatan pneumonia tergantung pada penyebabnya. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Untuk pneumonia viral, pengobatan lebih berfokus pada meredakan gejala dan memberikan waktu bagi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Penting juga untuk istirahat yang cukup, menjaga kecukupan cairan tubuh, dan mengonsumsi obat pereda nyeri atau demam sesuai petunjuk dokter.

Pneumonia bisa menjadi kondisi serius, terutama bagi orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, orang tua, atau anak-anak kecil. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala pneumonia atau kesulitan bernapas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.***

Artikel ini merupakan kontribusi dari jurnal firman.

Baca Juga:

Komentar:

Posting Komentar