Apa itu IUD? Pasangan KB Wajib Tahu

dokterdigital — IUD adalah kepanjangan dari "intrauterine device" (alat kontrasepsi dalam rahim). IUD adalah salah satu metode kontrasepsi yang digunakan oleh perempuan untuk mencegah kehamilan.

IUD adalah suatu alat kecil yang dibuat dari bahan tahan lama, seperti plastik atau tembaga. IUD dimasukkan ke dalam rahim oleh tenaga medis yang terlatih. Alat ini bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel telur dan sperma atau menghambat implantasi telur yang telah dibuahi ke dalam rahim.

Ada dua jenis IUD yang umum digunakan:

1. IUD hormonal

Alat ini mengandung hormon progesteron yang dilepaskan secara perlahan ke dalam rahim. Hormon ini mencegah ovulasi (pelepasan sel telur) dan mengubah lendir serviks agar sulit dilalui oleh sperma.

2. IUD non-hormonal (berbahan tembaga)

Alat ini tidak mengandung hormon. IUD tembaga menghambat pergerakan sperma, sehingga sulit bagi mereka untuk mencapai sel telur. Selain itu, tembaga juga bisa mengganggu pertemuan antara sperma dan sel telur.

IUD memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan jika digunakan dengan benar. Namun, seperti semua metode kontrasepsi, IUD juga memiliki risiko dan efek samping tertentu. Karena itu, wajib berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mengetahui apakah IUD adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai efek samping dan risiko yang terkait.

Baca Juga:

Komentar:

Posting Komentar