Apa itu Bronkitis, Pengertian dan Penanganannya

Bronkitis adalah kondisi peradangan pada saluran udara di paru-paru yang dikenal sebagai bronkus. Bronkus merupakan saluran udara yang menghubungkan trakea (kerongkongan) dengan paru-paru. Bronkitis terjadi ketika saluran udara ini mengalami iritasi dan peradangan, yang menyebabkan produksi lendir berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan gejala seperti batuk berdahak, sesak napas, nyeri dada, dan kadang-kadang demam.

Bronkitis dapat dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan biasanya berlangsung selama beberapa minggu. Gejala bronkitis akut meliputi batuk yang berdahak, nyeri dada, demam ringan, pilek, dan kelelahan.

Sementara itu, bronkitis kronis adalah kondisi yang berlangsung lama dan seringkali disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap iritan seperti asap rokok, polusi udara, atau bahan kimia. Pada bronkitis kronis, peradangan dan iritasi saluran udara berlangsung selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Gejala bronkitis kronis meliputi batuk berdahak yang berlangsung lama, sesak napas, dan produksi lendir yang berlebihan.

Pengobatan bronkitis biasanya melibatkan pengelolaan gejala, seperti mengambil obat pereda batuk, minum banyak cairan, istirahat yang cukup, dan menjaga kelembapan udara. Jika bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik. Selain itu, sebaiknya menghindari paparan iritasi yang dapat memperburuk kondisi, seperti asap rokok atau polusi udara. Jika Anda mengalami gejala bronkitis yang parah atau berlangsung lama, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengobatan lebih lanjut.***

Komentar:

Posting Komentar