Apa itu Aspirasi Folikel Ovarium

Apa itu Aspirasi Folikel Ovarium

dokterdigital — Aspirasi folikel ovarium adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengambil telur matang dari ovarium (indung telur) seorang wanita. Prosedur ini sering dilakukan sebagai bagian dari program bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF).

Selama siklus menstruasi normal, beberapa folikel ovarium berkembang di dalam ovarium. Masing-masing folikel mengandung telur yang dapat dibuahi. Dalam prosedur aspirasi folikel ovarium, dokter menggunakan jarum halus yang terhubung dengan alat vakum atau alat penghisap untuk mengambil telur dari folikel yang matang.

Prosedur aspirasi folikel ovarium biasanya dilakukan dengan bantuan pemantauan ultrasonografi untuk memandu dokter dalam memilih folikel yang tepat untuk diambil. Setelah telur diambil, mereka akan dibawa ke laboratorium, di mana mereka akan dibuahi dengan sperma dalam proses fertilisasi in vitro.

Aspirasi folikel ovarium adalah prosedur yang relatif aman, tetapi seperti semua prosedur medis, ada risiko komplikasi yang mungkin terjadi, termasuk infeksi, perdarahan, dan kerusakan pada ovarium. Namun, risiko ini jarang terjadi dan biasanya dikelola dengan baik oleh tim medis yang terlatih.

Prosedur aspirasi folikel ovarium dapat menjadi pilihan untuk pasangan yang mengalami kesulitan untuk hamil dan telah mencoba metode konsepsi lain tanpa keberhasilan. Ini adalah langkah penting dalam program bayi tabung atau IVF yang dapat membantu pasangan mewujudkan keinginan mereka untuk memiliki anak.

Komentar:

Posting Komentar